Belajar JavaScript di Smartphone? Why Not?

Assalamualikum..

Waktu itu saya sedang menjelajahi dunia internet dengan browser dan laptop sederhana saya yang tak lain dan tak bukan untuk mencari aplikasi Android (karna saya menggunakan smartphone dengan os android) yang menarik untuk dijadikan beban memori di smartphone saya hehe.. singkat cerita akhirnya saya menemukan aplikasi yang menarik perhatian saya yaitu aplikasi Grasshopper. Aplikasi apaan tuh?

Oke pertama - tama saya akan menjelaskan dengan bahasa saya dan pendapat saya tentang aplikasi ini selama saya memakainya, jadi bila saya terlihat cetek atau kurang berilmu ya maapkan yak hehe.. karena ini hanya review versi saya saja.


Grasshopper adalah aplikasi yang bakal mengajarkan kalian bahasa pemograman Javascript dengan gaya yang menurut saya kurang lebih sama dengan Duolingo, hanya saja aplikasi tersebut mengajarkan kita bahasa pemograman bukan bahasa asing. Yaitu ada sesi praktek dengan menyelesaikan tantangan namun sebelumnya diberi tutorial dan contohnya. Setiap koding yang dieksekusi akan langsung terlihat hasilnya secara real-time, apabila sudah menyelesaikan beberapa sesi akan diberi quiz yang mengetes ilmu pengetahuan kita selama belajar. Simple but Great!

Aplikasi Grasshopper ini tercipta dari incubator milik Google yaitu area 120 untuk mengetahui lebih lanjut tentang area 120 kalian searching sendiri saja ya :v. Btw, kalian udah tau belum apa itu Javascript dan kenapa area 120 membuat aplikasinya untuk mengajarkan bahasa pemograman Javascript bukan yang lain?

Jadi Javascript adalah sebuah bahasa komputer atau kode pemrograman yang digunakan pada website agar website tersebut menjadi lebih interaktif dan dinamis. Intinya sih Javascript bisa membuat tampilan website kalian lebih menarik, hidup dan mengesankan kek saya :v dan kenapa Javascript? Ya karena Javascript digunakan lebih dari 70% developer profesional di dunia (ya kale di alam ghaib :v) jadi sudah jelas bahwa alasan utama adalah Javascript ini populer dikalangan developer.
Baca juga : Ebook Belajar HTML & CSS Fundamental
Okelah cukup segitu bacotannya :v sekarang saya akan memberikan beberapa screenshot aplikasi ini agar kalian ga terlalu penasaran :


Contoh beberapa sesi yang tersedia.



Ini sesi tantangan yang diberikan oleh aplikasi.




Nah ini adalah dimana kita akan melakukan koding, dan disini kita gak perlu menulis langsung kode alias kita sudah diberi pilihan dibawah yang otomatis akan langsung tertempel di area note koding.


Nah ini tampilan apabila kalian berhasil.

(Tampilan quiz)

Yak itulah beberapa tampilan dari aplikasi Grasshopper ini. Aplikasi ini tidak bisa menggantikan kursus aslinya tapi aplikasi ini hanya untuk membuat kalian tertarik pada pemograman Javascript dan melanjutkan belajar setelah lulus dari aplikasi ini. Karena ini aplikasi smartphone jadi aplikasi ini dapat menjadi pembunuh waktu yang bermanfaat apabila kalian sedang menunggu sesuatu daripada ngelamunin mantan 😢 ya ga?  Belajar Javascript di Smartphone? Why Not? dengan aplikasi ini, itu semua menjadi mungkin.

O iya.. aplikasi ini gratis baik di Andoid maupun IOS silahkan kalian cek di toko aplikasi masing - masing.

Itulah review singkat saya setelah seminggu menggunakan aplikasi ini dan menurut saya aplikasi ini sangat menyenangkan (bagi yang suka koding :v) karena cara kerjanya yang seperti Duolingo. So, aplikasi ini wajib kalian download apabila kalian mulai tertarik tentang pemograman web dan buat kalian (non programer) yang ingin merasakan sensasi ngoding itu seperti apa.

Wassalam..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar JavaScript di Smartphone? Why Not?"

Posting Komentar