Generasi Cepat Atau Generasi Micin ? - Catatan Si Gaptek

Latest

Catatan Si Gaptek

Teknologi? Apaan Tuh? Catatan Orang yang Belajar Teknologi.

Minggu, 11 November 2018

Generasi Cepat Atau Generasi Micin ?


Banyak yang menyebut anak - anak kelahiran tahun 2000-an alias kids jaman now adalah generasi micin atau generasi cepat? Ya generasi cepat lah... Kalo bego ga usah nyalahin micin tapi intropeksi dan perbaiki diri!! Buset dah saya jadi ngegasss wkwkwk.. maafkan karena micin ga ada pengaruhnya sama seberapa bodoh atau begonya kita, baca aja kalo ga percaya banyak kok artikel - artikel yang mengulas tentang si bumbu penyedap ini.

Anyway, tadi saya menyebut kalo generasi millenial ini adalah generasi cepat, mengapa? ya.. karena terbantu dengan adanya teknologi yang semakin canggih, yang semakin memudahkan kegiatan kita sehari - hari. Mulai dari perjalanan, kerja, komunikasi dan lain - lain banyak sekali. Namun disini saya hanya akan memberikan contoh yang mendukung opini saya tadi, ini cuma contoh sederhana saja.
Baca juga : ALASAN MENGAPA 2 GAME YANG TERINSTAL DI SMARTPHONE ADALAH IDEAL
Saya akan mengambil contoh kegiatan sehari yang mungkin kalian juga sudah tidak asing lagi namun belum menyadari betapa cepatnya generasi sekarang ini.

Sumber : Tuntasmedia.com

Yap, sekarang kita berpergian bisa lebih cepat. Para pengguna mobil bisa lebih efisien waktunya dengan menggunakan ojek online motor untuk menghindari macet dan para pengguna jasa angkutan umum yang dulu harus pergi dari rumah menuju jalan besar untuk bisa menaiki angkutan umum, kini tak perlu lagi karena ojek online bisa menjemput sampai depan rumah. Bukan hanya cepat, namun efisien waktu.
Baca juga : Kenapa Ojek Online Dibutuhkan Masyarakat Sekarang
Lalu apabila kita lapar namun kita terlalu malas berpergian, kita bisa menggunakan jasa ojek online lagi. Lah bang bukannya sama aja ya waktunya sama - sama harus pergi lalu mengantri? Ya beda lah bambank! :v kalo kita sendiri yang beli kita harus pergi kerumah menuju tempat makan, lalu kembali lagi kerumah tapi, bila kita memesan lewat aplikasi ojek online tidak seperti itu. Biasanya si aplikasi mencari driver yang paling dekat dengan restoran jadi kita lebih bisa menghemat  waktu dan memanfaatkan waktu itu ke kegiatan yang lain. Sambil menunggu makanan, kita bisa sambil mengerjakan tugas misalkan, kan tugas bisa selesai lebih CEPAT!


Komunikasi nih, simpel aja jaman dulu tahun 90an ketika kartun menjadi teman anak - anak dan bukannya game mobel lejen :v komunikasi bukan hal yang mudah tapi ga sulit - sulit amat. Namun tetap saja dengan adanya smartphone mobile yang bisa dibawa kemana - mana kita menjadi lebih cepat ketika ingin menghubungi seseorang, tidak seperti dahulu apabila ingin menghubungi seseorang ketika kita sedang dijalan kita harus mencari telepon jalan ataupun wartel. Sangat menyita waktu kan.
Baca juga : 5 WALKMAN Paling Unik Dan Canggih Pada Masanya
Lalu, Email juga membantu kita untuk menjadi lebih cepat, contoh jaman sekarang banyak (walau ga semua) yang melamar dan menyampaikan hasil lamaran melalui email, sehingga kita bisa menghemat waktu tanpa harus memberikannya langsung ke kantor dan biasanya, dikarenakan jaman dulu jarang sekali orang yang mempunyai telepon rumah, sehingga menyampaikan hasil lamaran kita (diterima tidaknya) biasanya saat kabar kita sudah diterimanya saja, itu melalui POS. Yap, biasanya butuh waktu beberapa hari, paling cepat 1 hari. Cukup memakan waktu bukan?


GPS (Global Positioning System) ini sangat membantu sekali saat kita sedang tersesat atau ingin berpergian ke luar kota. Disaat kita tidak tahu jalan, kita bisa menggunakan gps untuk menuntun kita ke jalan yang benar :v sampai ke tujuan yang sudah kita set sebelumnya. Berbeda dengan jaman dahulu kita harus menanyakan ke orang - orang yang kita temui dijalan itu sangat memakan waktu karena kita harus berhenti untuk menanyakan jalan, itu juga belum tentu dengan sekali bertanya kita langsung dapat mengetahui rute dan tempatnya, bisa saja kita harus bertanya lagi dan harus memberhentikan kendaraan lagi.

Nah, dengan adanya gps ini kita dapat menghemat waktu, tenaga dan fikiran haha.. itu artinya, kita dapat sampai ke tujuan lebih cepat!


INTERNET, yang membuat kita menjadi generasi cepat adalah internet. Yang membuat hal - hal diatas itu terjadi salah satunya adalah internet. Dulu internet itu tidak sefamiliar sekarang, hanya orang - orang tertentu saja yang paham dan dapat menikmati internet, bahkan harganyapun jauh lebih mahal dibanding sekarang.
Baca juga : Anggapan Salah Temen Kuliah Kepada Kamu Si Ojek Online
Contoh, dengan adanya internet, yang dahulu seorang mahasiswa harus ke perpustakaan untuk mengerjakan tugas dari dosen sekarang cukup browsing sana - sini, sudah cukup untuk mendukung rampungnya tugas. Hal itu pasti ada sisi negatifnya namun saya belum akan menyampaikannya, mungkin di next artikel saya dapat menulis tentang dampak negative internet dan teknologi. Doakan saja yak 👌👍

Nah, itu lah contoh sederhana yang mendukung opini saya bila generasi sekarang adalah generasi cepat bukan generasi micin. Oh ia hal - hal diatas tidak hanya berlaku untuk yang lahir tahun 2000-an namun berlaku juga untuk orang - orang dari semua generasi yang sudah melek teknologi.

Instagram : @irfankurrr

4 komentar:

  1. yang paling berasa gap nya adalah kecepatan akses informasi. dulu mesti banget beli koran atau majalah. Informasinya ga realtime, sekarang bisa live malah. gampang banget dapat informasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap betul.. bahkan beberapa majalah cetak ada yg tutup gegara ga mau ekspansi ke online.. kalah dengan portal informasi online..

      Hapus