Ini Nih Tips Supaya Kamu Terhindar Dari HOAX Versi Whatsapp


Halo halo.. akhir - akhir ini di negara kita tercinta Indonesia lagi marak - maraknya informasi hoax apalagi saat ini kita akan menghadapi pesta politik makin aneh - aneh dan banyak hoax, mulai dari Hoax Ratna Sarumpaet sampai Hoax 7 kontainer surat suara tercoblos.

Pokoknya kamu jangan sampai terkena hoax apalagi sampai ikut menyebarkan yah.. karena dampak Hoax sudah pasti negative bahkan sampai menimbulkan resah. Nah Ini Nih Tips Supaya Kamu Terhindar Dari HOAX Versi Whatsapp yang sudah saya ragkum sedemikian rupa. Yookk..

Baca juga : 6 Fitur Baru Yang Diharapkan Akan Muncul Di Whatsapp

1. MEMAHAMI KETIKA PESAN MERUPAKAN PESAN YANG DITERUSKAN

Pesan yang ada label "Diteruskan" patut dicurigai karena pesan itu bukan dari orang pertama yang megirimi kamu, bisa saja itu diteruskan dari orang yang tidak bertanggung jawab jadi pastikan kamu tau akar dari pesan yang "Diteruskan" tersebut. Lanjut lagi yahh..

2. PERIKSA FOTO, VIDEO DAN MEDIA DENGAN SEKSAMA

Jaman sekarang video/foto dengan mudahnya di edit oleh orang - orang terentu, maka dari itu cek lah kebenaran foto/video itu apakah ada di internet dengan sumber yang berbeda, apabila iya, kemungkinan foto/video itu benar.

3. PERHATIKAN PESAN YANG TAMPAK TAK BIASA

Banyak pesan atau tautan dari web yang kamu terima itu mengandung Hoax, biasanya memiliki kesalahan ejaan atau yang kita kenal dengan istilah "Typo". Kalo hoax ini suka saya temuin nih di sms - sms hadiah mengatasnamakan operator tertentu pasti ada aja typo atau situs web yang memakai domain gratisan. nah apabila kamu menemukan seperti ini, kamu wajib mencurigai dan menelusuri kembali informasi dari sumber lain.

4. PERIKSA PRASANGKA KAMU

Kalau ini pakai feeling dan logika kamu, tinjau kembali informasi yang kamu terima, apabila informasi tersebut sulit dipercaya olehmu kemungkinan itu Hoax.

Baca juga : Nyobain Aplikasi Google Go Di Smartphone "Kentang"

5. BERITA PALSU SERINGKALI MENJADI VIRAL

Meskipun berita itu telah dibagikan berkali - kali sampai viral, belum tentu itu biasanya berita yang benar. Karena berita yang viral itu berita yang menghebohkan bahkan tidak masuk akal, oleh karena itu kamu mesti meninjau kembali berita itu jangan langsung percaya.

6, VERIFIKASIKAN DENGAN SUMBER LAIN

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, verifikasikan ke sumber media lain apabila kamu ragu akan kevalidan informasi yang kamu dapat, periksa ke sumber - sumber yang kamu percayai atau tanyakan ke teman kamu yang bisa kamu percaya.

7. BANTU MENGHENTIKAN PENYEBARAN

Jika kamu sudah mengetahui kalau informasi itu palsu beritahulah semua teman - teman yang mempercayainya demi mencegah tersebarnya informasi Hoax itu. Dan kamu jangan menyebarkan hanya karena teman atau grup meminta kamu untuk menyebarkannya.

Nah itu lah tips terhindar dari HOAX yang saya rangkum dari laman blog Whatsapp. Apabila kamu ingin menambahkan tips, kamu bisa tulis di kolom komentar.

STOP HOAX! MARI PERANGI HOAX!

Instagram : @cgaptek_id dan @irfankurrr

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Nih Tips Supaya Kamu Terhindar Dari HOAX Versi Whatsapp"

Posting Komentar