HTTP vs HTTPS (perbedaan) - Catatan Si Gaptek

Latest

Catatan Si Gaptek

Teknologi? Apaan Tuh? Catatan Orang yang Belajar Teknologi.

Sabtu, 05 Maret 2016

HTTP vs HTTPS (perbedaan)


Assalamualaikum wr wb..

Kamu pasti bingung ya dengan judul artikelnya what? HTTP vs HTTPS maksudnya keduanya diaduin gitu? kaya adu ayam? :v haha.. enggaklah itu cuma sekedar judul. Saya disini cuma akan mengulas tentang perbedaan kedua protocol itu. Penasaran kan apa aja sih perbedaannya? Oke berangkatt..

Salahsatu cara untuk mengetahui sebuah website memakai protocol http atau https adalah dengan melihat address bar. Coba kalian buka web www.vestinel.com dan www.codepolitan.com coba kalian lihat di address bar dan lihat perbedaannya.


Sebenernya apa sih HTTP dan HTTPS itu?

Hypertext Tranfer Protocol (HTTP) adalah protocol yang mengatur komunikasi antara client dan server . Yang menjadi client adalah web browser atau device lain yang dapat mengakses, menerima dan menampilkan konten web. Sedangkan,
Hyperext Tranfer Protocol Secure (HTTPS) adalah versi secure dari HTTP yang dikembangkan oleh Netscape Communications Corp. 


Perbedaan HTTP dan HTTPS

Sebagai seorang yang ingin menjadi praktisi IT tentunya harus tahu apa perbedaan dari kedua protocol ini agar tidak malu ketika ditanya apa perbedaan dari HTTP dan HTTPS. Yuk kita ulas perbedannya dari beberapa aspek :

1. Keamanan data yang dikirimkan

HTTP tidak menjamin keaman yang ditranmisikan antar client dan server. Sementara HTTPS menjamin keamanan data yang dikirimkan. Ada 3 aspek nih yang ditangani oleh HTTPS :
  • Kerahasiaan Data, data yang dikirim tidak akan dipahami oleh pihak lain karena datanya sudah di enkripsi.
  • Autentikasi Server, dengan adanya autentikasi server, pengguna dapat yakin bahwa ia sedang berkomunikasi dengan server yang ia tuju.
  • Intergritas Data, data yang ditransmisikan tidak dapat diubah oleh oihak lain, karena akan divalidasi oleh message authentication code (MAC).

2. Port yang digunakan

Secara default HTTP menggunakan port 80 sedangkan HTTPS menggunakan port 443 untuk melakukan komunikasi.

3. Kebutuhan SSL

Secara default, protokol yang digunakan untuk komunikasi client-serveradalah HTTP. Sementara untuk dapat menggunakan protokol HTTPS, kita diharuskan memiliki sertifikat SSL. Secure Socket Layers (SSL) adalah teknologi keamanan yang memungkinkan untuk melakukan enkripsi terhadap data yang akan ditransmisikan antara client dan server. SSL memungkinkan kita untuk dapat mengirim informasi penting, seperti nomor kartu kredit danlogin credential, dengan aman.

Iya gitu gimanaaa?? (sambil angkat tangan khas The Comment

Semoga penjelasan tadi dapat mudah dimengerti dan ilmu kamu nambah lagi. Semoga bermanfaat. Wssalam..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar